Postingan Blog kami

Our Story, Our Passion, Our Dream

Buat kalian yang sudah punya atau yang akan membeli ukulele, ada beberapa tips untuk merawat ukulele kalian. jangan biarkan ukulele kalian tidak terawat. Karena memainkan ukulele paling enak saat ukulele bersih dan terawat. Berikut tips merawat ukulele yaitu:

1. Melindungi Ukulele Dari Kelembaban/Air

Kelembaban dapat mempengaruhi kualitas body dan instrumen terutama yang dibuat dari bahan kayu. Sebaiknya jangan simpan ukulele di tempat yang lembab, dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Segera keringkan ukulele kalian bila terkena air menggunakan lap kering.

2. Simpan ukulele di Dalam Tas

Saat ingin menyimpan ukulele kalian, pastikan kalian melindungi ukulele dari debu/kotoran dengan cara memasukan ukulele de dalam tas/hardcase yang bisa di beli di toko musik disekitar kalian. Bila darurat kalian bisa menggunakan kantong plastik.

3. Mengganti Senar Ukulele Secara Berkala

Mengganti senar ukulele merupakan hal penting yang sering di lupakan, senar yang sudah tidak layak pakai akan mengganggu saat dimainkan dan suara yang dikeluarkan tidak akan sempurna. Penggantian ini diliat dari eberapa sering kalian memainkan ukulele yang kalian miliki, bisa 3bulan, 6bulan, 9 bulan 1tahun. Bila rutin dimainkan setiap hari, sebaiknya di ganti setiap 4bulan.

Beberapa tanda senar ukulele harus di ganti:

- Kondisi fisik senar sudah kasar
- Suara terdengar keras

4. Bersihkan Kotoran Yang Melekat

Bersihkan keseluruhan dari bagian-bagian ukulele kalian dari kotoran dan noda yang melekat. Kalian bisa gunakan lap halus untuk membersihkan, dan cairan pembersih bila noda sedikit membandel untuk pas dibersihkan.

5. Kendorkan Senar Ukulele Bila Tidak Dipakai

Kendorkan senar ukulele pada saat akan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ini bertujuan untuk mejaga ukulele kalian. Seperti menjaga neck ukulele tidak melengkung.

Beberapa tips untuk menjaga ukulele kalian supaya awet dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.