Postingan Blog kami

Our Story, Our Passion, Our Dream

Saxophone adalah alat musik yang sudah cukup tua umurnya, dengan segala macam ukuran dan  namanya antara lain  Soprano , Alto , Tenor dan Bariton . alat ini pada intinya sama yaitu terbuat dari logam mempunyai beberapa klep udara dan dimainkan dengan cara ditiup. Kesempatan kali ini akan di bahas bagian-bagian dari alto saxophone, yaitu:

Kepala Saxophone  terdiri atas :
1. Mouthpiece
yaitu alat yang berwarna hitam di posisi paling atas yang terbuat dari dua (2) jenis bahan antara lain Ebonit dan Metal, untuk yang  berbahan ebonit biasanya berwarna hitam dan yang berbahan metal berwarna putih / perak metal dan mempunyai beberapa ukuran.
2. Reed
adalah sebuah alat yang dapat menimbulkan getar suara yang merupakan sumber suara pada alto Saxophone dan terbuat dari bambu yang  dipasangkan pada mouthpiece  serta di ikat dengan pengikat mouthpiece.
Leher  Alto Saxophone  terdiri atas :
1.Leher alto Saxophone
adalah potongan  dari Saxophone bagian atas yang bisa dilepas , sebagai tempat untuk memasang mouthpiece .
2.Satu klep oktave atau pembentuk nada atas.
Badan Alto Saxophone   terdiri atas :
1.Bagian badan Saxophone
itu sendiri  yang merupakan gendang suara dari hasil tiupan dari mouthpiece dan lehernya , dan akan memebrikan bunyi suara yang lebih besar dari suara aslinya .
2.Klep – klep nada
yang menempel dari sisi atas hingga bawah yang bisa dimainkan sehingga  klep tersebut bisa tertutup dan terbuka sesuai keinginan  nada  atau not yang akan di hasilkan.
3.Tombol klep
adalah pijakan untuk menempatkan  jari – jari kita  dan untuk menutup serta membuka klep – klep tersebut
4.Jumlah tombol dan klep – klep
pada badan Alto Saxophone  sekitar 22 klep baik besar maupun kecil yang fungsinya untuk membentuk nada – nada sesuai formasi klep yang di kendalikan dengan jari – jari tangan kita.
5.Posisi – posisi  tombol dan klep – klep pada badan Alto Saxophone  antara lain :
· Posisi depan atas terdapat  tiga (3)  tombol pijakan  pokok yang dikendalikan dengan jari  telunjuk , tengah dan jari manis  tangan kiri kita dan empat (4) tombol pijakan tambahan yang dikendalikan dengan jari kelingking tangan kiri  .
· Posisi ibu jari bertumpu pada tombol mati  yang berada pada posisi di belakang tombol jari – jari  tangan kiri .
· Posisi depan bawah  terdapat  tiga (3) tombol pijakan pokok yang dikendalikan dengan jari telunjuk, tengah dan jari manis tangan kanan kita, dan dua (2) tombol pijakan tambahan yang di kendalikan dengan jari kelingking tangan kanan  .
· Posisi ibu jari bertumpu  pada pijakan mati  ( pengait ) yang posisinya di belakang tombol jari – jari  tangan kanan.
· Posisi atas belakang terdapat empat (4)  tombol pijakan , tiga (3) diantaranya dikendalikan dengan pangkal jari telunjuk, jari tengah dan jari manis tangan kiri dan satu (1) tombol octave dikendalikan dengan ibu jari  tangan kiri.
· Posisi bawah belakang terdapat empat (4) tombol, yang  tiga diantaranya dikendalikan dengan pangkal telunjuk kanan dan satu dikendalikan dengan  jari tengah kanan kita.
6.Tali gantungan alto Saxophone yang kita pasang pada leher kita dan dikaitkan pada lubang kaitan yang posisinya ada di bagian tengah belakang. Gantungan Alto ini bisa di atur sesuai keinginan dan kenyamanan serta posisi kita, seperti posisi berdiri  dan alto di depan , di sebelah kiri  atau pada posisi duduk dengan posisi alto di depan atau di samping kanan dan sebagainya.
Semoga berguna buat kalian semua dalam mempelajir bagian dari saxophone, dan akan membantu dalam melakukan perawatan.