Postingan Blog kami

Our Story, Our Passion, Our Dream

Sebelum belajar untuk memainkan gitar akustik, kalian harus tahu bagian - bagian yang ada di gitar itu sendiri. Mempelajari bagian - bagian  gitar akustik sangat berguna untuk diterapkan pada saat kita menyetel gitar, membersihkan gitar, memperbaiki gitar, hingga memilih gitar yang tepat untuk kita beli.

Setidaknya ada bagian dari gitar akustik yang kalian tahu agar semakin memahami gitar akustik yang akan pelajari dan mainkan. Gitar akustik terdiri dari tiga bagian utama yaitu kepala/head, leher/neck dan badan/body. Dari tiga bagian utama itu dibagi lagi menjadi beberapa bagian penting dari gitar akustik.

Head (kepala)

Kepala gitar akustik terdapat di bagian gitar paling atas. Kepala gitar ini berbahan baku kayu yang pada bagianya terdapat tunner dan nut. Kepala gitar juga merepresentasikan brand atau merek dari gitar itu sendiri karena masing-masing merk gitar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Tunning Key

Alat pemutar yang umumnya terbuat dari bahan logam (metal). Jumlah tunner sama dengan jumlah senarnya yaitu 6 buah, karena setiap tunner mewakili satu senar. Fungsi dari tuner ini adalah untuk menyetem gitar akustik.

Nut

sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Tanpa nut suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merek gitar mempunyai warna nut yang sama yaitu putih. Bagian gitar ini juga punya rongga untuk menahan senar gitar.

Neck (Leher)

Tempat tangan kiri kita memegang gitar atau kebalikannya bagi yang kidal. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. Leher gitar ini dibuat dari kayu solid berkualitas tinggi. Biasnya menggunakan 2 bahan kayu yang berbeda jenis.

Fret

Besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Pada gitar akustik fret gitar berjumlah 19 buah. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

Fingerboard

Yang berarti papan jari, bagian ini buat kamu menempatkan jari-jari  untuk menekan senar pada fret tertentu. Fingerboard terdapat pada bagian depan dari leher gitar.

String (Senar)

Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar tidak lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, yaitu senar 1, senar 2, 3, 4, 5 dan 6. Masing - masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E'.

Body (Badan)

Bagian yang paling menonjol pada gitar karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung dari si pembuat gitar.

Sound Hole (Lubang Suara)

Bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

Bridge

Berfungsi untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. Pada bagian bridge, terdapat bantalan putih yang bernama Saddle. Bagian bridge sendiri terbuat dari kayu kualitas terbaik.

Sadle

Bantalan yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi dari saddle ini mirip dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengar nyaring.